Menjadi Pemimpin Perubahan di Perusahaan

OPINI | 24 February 2013 | 12:10Dibaca: 37 Komentar: 0 Nihil
Bila anda di beri kesempatan untuk memimpin satu usaha yang telah mapan namun hampir mati akibat salah urus, Usaha tersebut mundur karena kalah bersaing dalam pasar sehingga kurang maju dan tidak memberikan keuntungan yang layak kepada karyawan maupun pemilik;

Pada umumnya kemunduran usaha di Negara kita berkaitan dengan moral , banyak usaha tidak harmonis , banyak dinamika karena pemimpinnya tidak bijaksana dalam mengolah keuangan, adanya pemborosan keuangan bila kita tidak mau di bilang itu korupsi. Tidak memberi kesempatan karyawan mengembangkan inovasinya, tidak mendengarkan aspirasi dari bawahan dll. Tetapi yang paling merusak adalah bila pimpinan tidak dapat membawah usaha itu beruntung besar dan karyawan tidak dapat merasakan peningkatan kesejahteraan selama bekerja di unit usaha itu karena adanya aroma korupsi.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebagai orang baru yang mendapat mandat dari pemilik untuk memperbaiki unit usaha tersebut, ada beberapa langkah untuk dapat dilakukan agar anda selamat dan sukses dalam misi penyelamatan ini.

Sebagai pemipin baru anda harus mencari sebanyak mungkin informasi apa yang menyebabkan usaha itu mundur, cari tau apa yang menjadi kekuatan ,kemampuan , kesempatan, kelemahan dan ancaman terhadap usaha tersebut ( analisa Swot).Setelah mengetahui semua informasi, anda jangan buru-buru masuk dan merubah tatanan dan proses yang ada setidaknya dalam 3 bulan, Dalam tiga bulan itu anda harus merangkul sebanyak banyaknya pihak yang mendukung visi yang akan anda terapkan di unit usaha ini.

Pada dasarnya kita harus membawa perubahan dalam unit usaha ini tentu untuk berubah tidak mungkin kita mengikuti budaya lama yang telah terbukti tidak memberi manfaat bagi karyawan dan pemilik usaha ini. Anda harus berani berbeda dari yang lama, anda yang harus memimpin perubahan ini, Bukan usaha yang mudah dapat merubah dengan cepat budaya yang telah terbentuk.Jadi intinya kita harus membawah perubahan dalam perusahan yang sedang sekarat ini.

Sebagai pemimpin anda harus lakukan agar terjadi perubahan:

1. Konsisten anda harus bersih dari korupsi, karena bila pemimpin korupsi membuat bawahan juga akan berbuat hal yang sama, bila tidak bisa karyawan akan masa bodoh dan turun productifitasnya.

2. Memberikan visi dan misi yang jelas dan dapat di capai dan dapat di mengerti oleh semua karyawan

3. Lebih berani ,rajin dan bersemangat.

4. Memberi pendidikan, penghargaan dan ganjaran yang berimbang bagi karyawan.

5. Melayani semua keluhan karyawan dan membantu member solusi jalan keluar permohonan karyawan.

6. Dengan tidakan yang minimal tersebut diatas , karyawan dapat sedikit demi sedikit di bawah kearah visi dan misi yang perusahan mau dan terus menerus diterapkan yang kemudian menjadi budaya perusaan yang baru.

Laporkan
Tanggapi
Siapa yang menilai tulisan ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: