Haiti didera gempa hebat

image from BBC News

Gempa di Haiti menyayat hati.
Gempa hebat melelan korban, terjadi di negara Haiti yang terletak di America latin, di pinggir samudera Atlantic dan laut karabia. Gempa dengan kekuatan 7 pada skala Richter dilaporkan telah terjadi di hari selasa petang waktu setempat tanggal 12 januari 2010.
Gempa tersebut telah melelan korban di perkirakan mencapai 200.000 orang, seperti biasa bantuan kemanusian telah datang , di koordinir oleh PBB. Indonesia sebagai negara yang sering di gunjang gempa, turut juga mengirim relawan untuk meringankan korban gempa yang selamat.
Sejarah berulang , dilaporkan (Kompas tgl.17/1) Bantuan sandang pangan bertumpuk di bandara belum dapat di salurkan , karena jalan banyak yang putus menuju lokasi gempa.
Port –au-prince menjadi kota mati demikian head line koran kompas hari ini.
Mayat-mayat bergelimpangan, bau anyir melanda kota. Banyak terjadi kekerasan, penjarahan, perampasan dan perampokan.Terjadi kekurnangan makan dan minum di mana-mana, di laporkan ada orong yang sudah tiga hari tidak dapat makan.Penderitahan yang mengerikan telah terjadi di sana.Penderitahan yang menyayat hati ini telah terjadi di negara kecil , yang kurang stabil ekonomi dan politik nya. Negara yang kurang beruntung dalam hal ekonomi, sekarang luluh lantak di dera gempa.
Rakyat haiti yang selamat, marah dan putus asa, dan berusaha meninggalkan kota port-au-prince secepatnya . Lengkap sudah penderitahan Rakyat Haiti, semoga PBB dapat berperan cepat dalam mengkoordinir bantuan kemanusian disana, sehingga akan memberi semangat baru bagi rakyat Haiti, untuk bangkit pula dari keterpurukan, seperti pernah terjadi juga di Aceh dalam peristiwa tsunami 5 Tahun yang lalu.

Satu Tanggapan

  1. sangat di sayangkan, team relawan Indonesia yang tadinya akan bertugas di haiti, tidak berhasil mendarat di ibu kota Haiti, karena pihak otoritas Haiti merubah jadwal mendaratnya pesawat Indonesia jauh dari hari yg di rencanakan, yaiut 7 februari yang seharusnya 19 Januari 2010.
    Akibatnya bantuan sebayak 50 ton bahan makanan dan perlengkapan lain di alihkan ke republik Dominika tetangga haiti untuk dapat di serahkan ke Haiti melalui perwakilan PBB di Dominika.. Sedang semua relawan kembali ke Indonesia.
    demikian berita metro News hari ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: