Abrasi pantai dekat pusat kota Balikpapan

image by balog

Potensi alam di kota balik papan kalimantan timur belum di tangani dengan baik oleh pemerintah setempat,Benar saya hanya beberapa jam melihat kota balik papan , mengingat saya harus mengejar jadwal ketat menghadiri undangan pesta perkawinan teman bisnis di dua kota yang berjauhan yang hanya selang sehari.Jadi saya tidak sempat melihat banyak dari kota minyak yang terkenal itu..
Sesampai di Balikpapan dari bandara Soekarno-hatta dipagi hari, saya langsung disambut hujan yang terus turun berkepanjangan. sesampai di hotel mewah Novehotel, Tidak ada yang saya dapat perbuat selain mengutak atik blog pribadi yang kebetulan ada fasilitas gratis internet di kiri lobby hotel itu.
Baru Jam 14.30 hujan redah, saya pun bersiap keluar dari hotel berjalan kaki beberapa ratus meter kebawah, terlihat betangan laut lepas selat makasar.Berderet cafe dan restoran pinggir pantai bersaing dengan ruko-ruko di depannya. sementara di belakang cafe terbentang laut lepas.
sayang , begitu banyak tempat yang tidak terawat , kotoran berserakan, dan bangunan cafe pinggir laut itu pun terancam ambruk oleh abrasi hebat dipantai kota itu.
Bila pemerintah kota Balikpapan tidak turun tangan mengatasi atau menormalisasi pantai yang sangat dekat dengan hotel pusat kota balipapan ini, bukan tidak mungkin ruko-ruko sepanjang jalan utama ini akan roboh di terjang ombak laut selat makasar ini.

Tinggalkan Balasan

