tertip dan ramah kemanusiaan

new-sydney-031bus5-300x225image by: balog

Baru-baru ini saya mendapat kesempatan mengadakan perjalanan sosial kekota sydney Australia, kunjungan ini tidak saya sia sia kan untuk mengamati secara singkat kebiasaan berkendara masyarakat kota sydney.

Saya sangat terkesan atas ketaatan hukum masyarakat setempat yang telah mendasari tertipnya kota Sydney. Para pengendara selalu berjalan dengan jalur dan batas kecepatan maximum yang terlihat di sepanjang jalan yang di lalui. Tidak saling serobot , tidak heran rata-rata kendaran di sana mulus-mulus dan bersih.

Jalan-jalan dibangun dengan bahan yang berkwalitas kuat dan tahan lama dengan rambu-rambu lalu lintas yang jelas dan menyolok. Fasilitas umum bersih selalu ramah lingkungan dan memperhatikan kepentingan penyandang cacat, di setiap sudut strategis pasti ada tempat khusus bagi penyandang cacat dengan tanda gambar kursi roda bersilang yang menyolok serta mendapat tempat yang terbaik dan dekat pada sentral kegiatan.

Pemerintah kota sangat memperhatikan penyandang cacat, sampai-sampai bus kota pun memberi fasilitas khusus tersebut. Ada bus tertentu yang tangganya dapat di turunkan sehingga rata dengan trotoar dengan maksud agar penyandang cacat dengan kursi rodanya dapat naik /turun dengan aman.

Biarlah hasil pengalaman pengamatan singkat ini dapat juga tertular ke kota Jakarta khususnya dan kota-kota di Indonesia pada umumnya ,sehingga pemerintah kita lebih memperhatikan lingkungan yang tertip dan orang-orang yang kurang beruntung yang duduk di kursi roda.

2 Tanggapan

  1. kunjungan yang menyenangkan ya bos salam kenal dari saya

  2. ya, salam kenal juga untuk berita unik
    salam
    baloghelmi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: